Powered By Blogger

Jumat, 18 Februari 2011

Gempa terbesar di dunia

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi).
Gempa berkekuatan 7.2 skala Richter mengguncang Mentawai,Sumatera Barat pada tanggal 25 Oktober lalu.
Gempa ini memicu tsunami, sedikitnya 509 orang tewas dalam musibah ini.
Namun, gempa yang terjadi di Mentawai tak masuk hitungan gempa terkuat di dunia. Berikut daftar gempa terdahsyat dunia...

Dua diantaranya terjadi di Indonesia.


1. Teluk Yucatan Meksiko, gempa tubrukan pertama dan terbesar dlm sejarah Muka bumi . Tubrukan meteor ini mengakibatkan gempa sekitar 37 ++ MSR , dan mengakibatkan efek gempa berantai di seluruh dunia . Para ahli berpendapat, ” andai saja kejadian itu terjadi pada jaman modern sekarang maka sekitar 78 % populasi dunia akan musnah ” . Efek yg di tinggalkan antara lain yaitu musnahnya jaman dinosaurus , Terbentuknya benua-benua , aktifnya kembali beberapa gunung merapi yg semua telah mati .  

2. Indonesia , Sumatera Utara , bagian Toba.Terjadi Gempa Runtuhan terbesar dlm sejarah muka bumi di sumatera utara sekitar 450.000 tahun yg lalu . Gempa Runtuhan terjadi karena aktifitas tektonik yg tak stabil di wilayah ini , yg mengakibatkan tersisanya lubang besar di bawah permukaan Bumi dan karena tanah di permukaan tak sanggup menopang lubang besar tersebut menyebabkan tanah-tanah di sekitar wilayah tersebut amblas , dan menyebabkan gempa hebat antara 7-9 MSR . Efek yg di timbulkan antara lain terjadinya danau toba .

3. Jepang,terjadi Gempa tektonik terkuat dlm sejarah muka bumi,gempa yg berkekuatan antara 6-8 MSR terjadi di wilayah laut lepas jepang . Terjadi kira-kira 334 . 000 thn yg lalu . Efek yg di timbulkan antara lain yaitu membuat Jepang menjadi negara kepulauan , dan melahirkan sebuah gunung yg kemudian dikenal dgn gunung fuji .

4. Atlantis,terjadi Gempa Vulkanis Terkuat dgn kekuatan sekitar 5-7 MSR . gempa yg terjadi di tengah-tengah samudera pasifik ini terjadi sekitar 679.000 thn yg lalu . Efek yg di timbulkan antara lain yaitu menimbulkan mega tsunami yg menenggelamkan pulau di sekitar nya , bahkan legenda benua atlantis yg hilang berasal dari kejadian ini . Mengaktifkan gunung-gunung api yg semula mati di seluruh dunia .

5. Kanada,terjadi Gempa yg di akibatkan karena Kombinasi antara kejadian vulkanis dan tektonik yg terjadi secara bersamaan . Gempa dgn kekuatan skala 2-4 MSR ini terjadi kira-kira 280.000 tahun yg lalu . Efek yg di timbulkan yaitu membuat Kanada menjadi negara yg penuh pegunungan yg tinggi setelah new zeland.

6.Gempa dengan kekuatan 9,5 SR mengguncang Chile pada 22 Mei 1960. Sebanyak 1.655 orang terbunuh. Tsunami yang diakibatkan gempa ini juga membunuh 68 orang di Hawaii, 138 orang di Jepang, dan 32 orang di Filipina.





7.Gempa berkekuatan 9,2 SR mengguncang Alaska pada 28 Maret 1964. 15 orang tewas akibat gempa, sedangkan 113 orang tewas akibat tsunami susulan.     

8.Gempa 9,1 SR terjadi di Aceh, Indonesia pada 26 Desember 2004. Gempa itu mengakibatkan tsunami dahsyat yang menewaskan 230.000 orang di beberapa belahan dunia





9. Hawaii, 4 November 1952, terjadi gempa berkekuatan 9,0 SR. Untungnya, tak ada yang tewas dalam ,musibah ini.

10. Gempa dengan kekuatan 8,8 SR terjadi di Ekuador pada 31 Januari 1906. Gempa itu menimbulkan tsunami yang membunuh 1.500 orang di Ekuador dan Kolombia.   

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar